Rabu, 10 September 2014

Juara FLS2N, Dua Tari Paseban Meriahkan HUT RI Kabupaten

Penampilan Tari Sulutu
Purworejo, Tari Sulutu dan Tari Gugur Gunung tampil mengesankan di Pendopo Kabupaten Purworejo 17 Agustus 2014. Keduanya tampil hebat dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia Ke-69. Keduanya ditampilkan karena telah membawa nama baik Kabupaten Purworejo sekaligus sebagai siswa berprestasi tahun 2014 Kabupaten Purworejo.
Kedua tarian ini merupakan tari hasil karya Rianto Purnomo yang berhasil berprestasi dalam FLS2N (Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional) tahun ini. Tari Sulutu adalah tari yang menceritakan Upacara Grebeg Sulutu (Suran Ulu Wetu) yang dilakasanakn setiap Bulan Suro oleh masyarakat Desa Kalirejo Kecamatan Bagelen Kabupaten Purworejo. Tari ini ditarikan oleh 5 siswi dari SMP N 3 Purworejo, mereka berhasil meraih Juara 3 seleksi FLS2N tingkat Jawa Tengah 2014. Sedangkan Tari Gugur Gunung adalah tari yang menggambarkan semangat, kegembiraan, dan canda ria anak-anak saat melaksanakan gugur gunung atau kerja bakti. Sama halnya dengan Tari Sulutu, Tari Gugur Gunung ini juga ditarikan oleh 5 siswi Sekolah Dasar (SD) dari Kecamatan Bagelen, Kabupaten Purworejo. Tari ini mampu meraih prestasi lebih baik dengan menjadi finalis FLS2N tingkat Nasional 2014 yang dilaksanakan di Semarang tahun ini.
Keduanya tari ini berhasil memukau seluruh penonton di Pendopo Kabupaten Purworejo saat itu. Hal ini disebabkan mereka dapat tampil maksimal dan lebih baik jika dibandingkan saat penampilan di FLS2N beberapa waktu lalu. Bahkan Rianto Punomo sendiri mengakui bahwa penampilan mereka malam ini adalah penampilan terbaik. “Coba kalian waktu pentas di provinsi seperti tadi, pasti kalian lolos ke tiingkat nasional.” Ujar Rianto Purnomo kepada penari Sulutu selepas pentas di transit ruang rias penari.  ~Zs~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar